Review: Riaru Onigokko (2015)


"But Maybe Our Destiny is Decided. We're Trapped in it."


bercerita tentang Mitsuko. Film ini dimulai dari pemandangan sebuah bus yang dipenuhi para siswi SMA yang akan melakukan perjalanan wisata. Tiba-tiba saja angin berhembus, membelah bus tersebut menjadi dua, dan membunuh 40 siswi secara sekejap kecuali Mitsuko.

Entah apa yang saya pikirkan ketika meihat film yang surrealisme ini. saya juga enggak tahu mengaa saya sangat mantap untuk mendonwload film ini. Film jepang yang menurut beberapa sumber film ini agak 'aneh' dan membuat para penonton memutar otaknya. Entahlah, mungkin saya melihat cuplikan adegan yang gore di youtube secara tidak sengaja tanpa mengetahui apa judul filmnya. dan akhirnya satu section Comment pun membahas betapa keren, apik dan 'weird'nya film ini. Akhirnya ya sudah saya memutuskan untuk mengetahui seberapa weirdnya film horror ala jepang ini.

 Film ini awalnya menampilkan scene yang agak kalem dan menampilkan sang tokoh yang bernama mitsuko sedang berada di dalam bus yang mungkin sedang melakukan perjalanan itu. namun entah mengapa situasi yang menyenangkan itu menjadi menyeramkan ketika bus terpotong. Katakanlah saya memang mengatakan kata ANJIR ketika melihat Scene gila dan gore yang tersaji secara tiba-tiba. Dan akhirnya film yang ku kira memiliki gore ringan ini mampu membuat saya berteriak Anjir!

lihatlah orang yang sedang menari itu XD
tubuh tubuh yang terpotong serta darah yang membanjiri film un membuat saya sedikit kaget dan sangat puas dengan sajian Gore yang orang bilang cukup gila. Dan memang ternyata benar. Film ini pun untungnya menampilkan sosok Mitsuko yang terlihat Innocent dan kebingungan Sang aktris Reina Trendl pun sukses memainkan mitsuko dengan apik.

beberapa menit berlalu dan film ini berganti-ganti lokasi dan sebagainya, bahkan karakter mitsuko pun berubah-ubah. yang mana keabsurd-an film ini membuat saya berpikir keras bahwa akan ada sebuah pesan moral yang besar di balik film ini. Karna menurut saya film ini cukup 'gila' untuk di tonton. Namun apa yang kamu harapkan ketika mengetahui sang sutradara adalah Sion Sono yang mana selalu membuat sebuah film indah namun abstrak dan memiliki meaning yang besar di baliknya.

Untuk alur cerita. Saya sempat pusing dan bingung untuk mencari inti dari alur yang disuguhkan oleh film ini, bahkan saya merasa frustasi untuk menyelesaikan film ini karna saya sangat bingung. Namun untungnya adegan gore dan beberapa aktris nya yang lumayan cantik membuat saya betah dengan keabsurd-an film ini. Dan memang janggal mengapa hanya ada wanita di film ini? semuanya wanita. ada satu lelaki namun sekalinya lelaki pun dia berkepala babi (XD).
Untuk segi akting, semua pemainnya sangat bagus dalam mendalami perannya masing-masing meski merekka harus menjadi karakter yang weird. Dan untuk Gore, gore disini katakanlah cukup ekstrim dan entahlah beberapa scene disini berhasil untuk membuat saya berkata kasar selama scene itu dan terkadang tertawa terbahak-bahak karna ke absurd-annya. Namun semua nya masih bisa di toleransi karna entahlah. Sometimes they (japan) makes a weird movies.

Dan Untuk endingnya yang tidak ingin saya beritahu karna yah entah lah, sya atidak ingin meberitahu sesuatu yang akan membuat kalian syok XD. Dan akhirnya saya pun memutuskan untuk berdiam sejenak setelah menonton film ini dan berusaha mencerna film ini. dengan di bantu oleh beberapa blog atau web yang membahas tentang film ini pun, akhirnya saya mulai mengetahui apa makna film ini dan menurut saya film ini bagus.

Meski film ini dapat dikatakan absurd dan aneh, mungkin bagi orang-orang yang tidak terbiasa menonton film yang aneh dan tidak bisa di terima oleh otak. Film ini tidak bagus, namun bagi orang yang sudah agak terbiasa sekali atau dua kali menonton film yang agak absurd, mungkin mereka bakalan menilai film ini adalah film yang cukup menghibur.

Overall, film ini dapat dikatakan film bagus namun belum sempurna karna ada  plot hole yang masih patut di pertanyakan di film ini. Namun bagi saya, film ini cukup menghibur untuk adegan gore dan storyline nya yang lari-larian tanpa henti hahaha. Dan film ini juga dapat dikatakan cukup bagus untuk film yang memiliki meaning di balik filmnya, dan japan you make a weird but good movies again.

The Ranting is
70%

Komentar

  1. Waktu itu nonton di youtube tp gk tau judulnya. Taunya cuma film Jepang . Setelah nonton, ya filmnya memang agak aneh untuk org yg gak biasa nonton film absurd bgini. Tp untungnya sy udh biasa sih nonton film model bgini, jdi mnurut sy lumayan menghibur lah film ini, premisnya bener2 beda dr film2 lain hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bagi orang-orang yang memang baru menonton film model begini bakalan kebingungan XD

      Hapus

Posting Komentar