Review: Dark City (1998)




John Murdoch (Rufus Sewell) terbangun di dalam sebuah bathub, di hotel yang mencurigakan tanpa ingatan sedikit pun tentang dirinya atau pun hal lain. Di tengah kebingungannya, dia diduga sebagai dalang dibalik pembunuhan yang terjadi, selain iu ia pun diincar oleh sekelompok orang misterius yang disebut sebagai The Strangers, yang memiliki kemampuan untuk menidurkan orang sesuka hati dan mengubah-ubah kota. John pun berusaha untuk mencari tau apa yang sebenarnya terjadi pada kota misterius yang ia tinggali, dan mengalahkan The Strangers.

Creepy... Dark... Mysterious... Weird, Mungkin ini deskripsi yang tepat setelah saya selesai menonton film ini. Entah kenapa, saya tidak sengaja menemukan film ini saat sedang berusaha mencari film-film lawas. Saya sedikit membaca sinopsisnya dan akhirnya tertarik karna kesan film ini yang penuh miseri jika dilihat dari Sinopsisnya. Akhirnya apa yang disuguhkan dalam sinopsisnya pun tidak jauh berbeda dengan apa yang disajikan film ini. Penuh dengan misteri dan atmosfer kelam.

Film ini diawali dengan cukup banyak tanda tanya, tanda tanya itupun akan terus berlanjut sepanjang film. Atmosfer Misteri yang cukup kelam memang terpampang jelas pada film ini, bisa dibuktikan tokoh utama kita bangun dengan amnesia dan di tempat yang mencurigakan dan tidak masuk akal. Bahkan kita mungkin digiring cukup lama dengan sang tokoh utama yang berjalan luntang-lantung mempertanyakan siapa dirinya dan ada apa dengan kota misterius yang ia tempati. Tentunya, kita tidak akan bosan mengikuti sang tokoh utama yang mencoba untuk mencari tau siapa dirinya, kita langsung disuguhkan kucing-kucingan antara sang tokoh utama dan The Strangers.

Ketegangan dan misteri merupakan senjata utama pada film ini, tentunya rasa misteri di film ini sama sekali tidak turun tingkatannya, melainkan semakin kita digiring mencari tau kebenarannya, kita semakin bertanya-tanya apa sih yang sebenarnya terjadi disini, bahkan kebenaran yang sudah terpampang di depan mata akan sedikit sulit diterima oleh kita. Disinilah nilai terbesar film ini, yang menjadikan film ini sangat bagus. Ketegangannya pun tidak kalah tingginya dengan kemisteriusan yang ada di film ini. Sepanjang film kita akan disajikan adegan kucing-kucingan John, The Srangers, dan inspektur yang sedang menyelidiki kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh John.

Jajaran cast pun tidak kalah hebatnya dalam membangun atmosfer misterius. Rufus Sewell mampu berakting menjadi John Mudroch yang kebingungan dan mencoba mencari tau kebenaran meski tanpa ingatan sedikitpun, Jennifer Connelly mampu menjadi seorang istri yang mencoba mencari sang suami yang menghilang dengan kebingungan, Dan jangan tanya The Strangers yang menjadi unsur creepy yanggg utama. Datang dengan jas hitam dan topi serta gemertak gigi di malam hari, siapa yang enggak ngeri.

Dark City pun tidak main-main dalam hal Dark karna memang filmnya tidak ada matahari sedikitpun, dengan unsur itupun film ini memang menjadi sebuah perjalanan kelam menelusuri kota misterius tanpa siang. Misteri yang terdapat dalam film ini pun bukan sekedar tebak-tebakan berhadiah, tapi misteri disini benar-benar Mindblowing ketika kita tau kebenarannya. Saya sendiri cukup dibuat pusing dengan konsep dari Kota tanpa siang ini, bagaiana bisa sebuah kota tanpa siang? Dan saat saya tau bagaimana bisa kota tanpa siang, saya sendiri cukup masih bingung.

Sci-fi di film ini pun tidak main-main, kita akan disuguhkan visual yang menakjubkan dan kelam. Apalagi kota yang kerap kali gedungnya berubah-ubah setiap malamnya. Kota gelap nan misterius yang menyimpan banyak misteri di bawahnya, dengan visual yang menakjubkan, membuat film ini semakin menarik. Dengan jalan cerita yang tidak henti-hentinya menampilkan kucing-kucingan, film ini masih mampu memberikan kesan misteri yang kuat, namun tidak melupakan unsur ketegangannya. Namun, entah mengapa film ini terlihat terburu-buru untuk berpindah dari satu scene ke scene yang lainnya, dan itu sangat disayangkan, namun untungnya tidak merusak semua suasana yang sudah dibangun, hanya saja masih menyisakan suatu yang mengganjal bagi saya.

Alur yang cukup membuat saya mengaduk semua isi pikiran saya, membuat saya mencoba mencerna semua 'kenyataan' yang ada di film ini, Jelas film ini tidak menyimpan sebuah jalan cerita yang kacangan. Plot twist di film ini pun membuat saya bilang 'Holy Sh*t', dan lagi terkuaknya sebuah misteri di film ini berakhir dengan mind-blowing. Bahkan sampai saya selesai menonton film ini, saya masih mempertanyakan jalan cerita yang benar-benar tidak terduga ini. Semua alurnya tertata rapih, dan menyimpan misteri besar dengan apiknya. Pada akhirnya diakhiri dengan cukup tenang dan melegakan.

Film ini pun menjadi sebuah perjalanan Sci-fi yang sangat apik dibalut dengan misteri yang kental, dengan kucing-kucingan yang tidak berhenti sampai akhir. Di tutup dengan sebuah realita yang cukup membingungkan dan lumayan sulit diterima akal. This movie is really awesome!

Rating
90%

Komentar