Review: Constantine (2005)




John Constantine (Keanu Reeves), yang merupakan seorang Demonologist dan exorcist, dihadapkan pada konflik yang rumit. Dimana ia harus membantu seorang polisi wanita yang bernama Angela (Rachel Weisz) untuk mengungkapkan kematian kembarannya yang dia yakini bukanlah bunuh diri. Dibalik itu, para iblis mulai mencoba untuk memasuki dunia manusia yang mana John Constantine harus cegah agar jangan sampai terjadi.

Film constantine ini sendiri dibuka dengan sangat baik, dimana kita langsung disuguhkan pada pembukaan konflik tersebut. Sebuah Exorcism yang cukup menegangkan dan efektif sebagai sebuah pembuka, dibarengi pula dengan seorang pria yang kerasukan iblis sembari membawa benda yang cukup berbahaya. Dari sana, kita sudah diberitahu bahwa permasalahan yang ada di film ini akanlah rumit. Dan benar saja cukup rumit, karna saya sendiri cukup bingung di beberapa scene.

Mengingat film ini diadaptasi berdasarkan komik Hellblazer yang mana cukup populer dikalangan pecinta komik. Film ini sebenarnya dikritik karna tidak tepatnya karakter John Constantine. Saya sebagai pembaca komik tersebut pun merasa cukup kecewa dengan penampilan John Constantine di sini, yang seharusnya dia berambut blonde dan berpenampilan acak-acakan dan kerap seenak sendiri dan sedikit menjengkelkan, ia menjadi seorang yang misterius dan berpenampilan rapih di sini. Dan saya disini akan mengambil sudut pandang dari penonton yang tidak membaca komiknya sama sekali.

Bisa dibilang constantine sendiri punya sebuah opening yang mampu menbuat para penonton berandai-andai apa yang akan terjadi selanjutnya. Constantine memiliki landasan yang cukup kuat di awal film. Pace dari Constantine ini sendiri terbilang cukup cepat, karna selalu berpindah pindah dari masalah yang satu ke yang lainnya dengan cukup cepat. Kita sendiri  tidak sempat mengetahui jelas latar belakang dari John Constantine sendiri, yang mana bagi penonton awam mungkin hanya tau jika Johns Constantine merupakan pria ahli supranatural yang gila merokok. Dan entah mengapa karakter-karakter yang disuguhkan dalam film ini terlalu cepat pengenalannya, sehingga saya sendiri perlu berpikir lama untuk mencari peran dari setiap karakter pembantu disini.

Film ini sendiri benar-benar memiliki atmosfer yang dark sehingga kita bisa merasakan betapa mengerikannya dunia di film tersebut. Untuk sosok-sosok supranatural disini pun bisa terbilang mengerikan, beberapa CGI terlihat buruk namun untuk kebanyakan CGI terlihat bagus dan menarik. Beberapa scene di film ini terbilang memorable, apalagi scene opening dan saat John memasuki neraka. Gambaran neraka yang ada pada film ini terbilang bagus dan sangat menarik.

Berhubung film ini merupakan action horror, film ini lebih mengutamakan actionnya ketimbang horror. Meskipun begitu, film ini tetap memiliki atmosfer kelam dan mencekam, meskipun itu adegan actionnya. Tak banyak jumpscare yang hadir dalam film ini, namun untuk scene yang menegangkan cukup banyak dan ampuh. Adapula scene yang menurut saya sendiri sangat menegangkan dan ampuh untuk menakut-nakuti. 

Alur dari film ini pun tidak begitu rumit. Namun, relasi dan peran antar karakternya yang membuat film ini sedikit membingungkan. Dikarenakan pengenalan karakter yang agak minim dan tidak gamblang, kita harus berpikir sejenak untuk peran dan relasi karakter disini. Namun film ini memiliki death scene yang cukup unik dan menarik. Meski tidak menampilkan banyak darah, kita lumayan disuguhkan pada death scene yang cukup mengerikan.

Akting di film ini terbilang cukup baik. Meski sangat disayangkan, Keanu berbicara layaknya seseorang yang sedang malas bicara atau menahan sakit perut. Keanu kerap berbisik disetiap percakapannya, sehingga saya sendiri kebingungan mendengar apa yang dia katakan, karna memang tidak begitu jelas. Speak Louder Please. Saya sendiri sangat menyukai akting dari Peter Stormare yang sangat memukau sebagai Satan. Dia mampu menjadi sosok yang amat sangat menyebalkan seperti setan itu sendiri, sampai saya sendiri gregetan melihatnya. Gavin Rossdale sendiri mampu menjadi sosok Balthazar yang mengerikan dalam sosok cool nya.

Overall, bagi para pecinta film supranatural action mungkin akan menyukai film ini, meski akan sedikir dipusingkan dengan karakter disini. Film ini memiliki action yang baik dan sisi kelam yang sangat pekat. Gambaran-gambaran dari sosok iblis dan makhluk neraka di film ini pun sangatlah unik dan cukup bagus, bahkan monsternya pun terbilang cukup mengerikan. Namun kelemahan terbesar dari film ini adalah para karakternya yang tidak memiliki background yang kuat, sehingga kita akan merasa kebingungan

Rating
65%

Komentar

Posting Komentar