Review: The Whispering (2019)




Menceritakan tentang sekelompok siswa-siswi yang menghabiskan waktu selesai ujiannya dengan beralan-jalan. Niatnya ingin berjalan-jalan menuju pantai, namun sayang sekali mereka salah jalan, membuat mereka tersasar sampai di taman bermain yang telah ditinggalkan. Diduga taman bermain tersebut menyimpan sebuah misteri seram nan kelam, misteri terbesar itu tersimpan di dalam wahana rumah hantu. Mereka pun pada akhirnya menelusuri rumah hantu tersebut.

Film ini langsung dibuka dengan penampakan rumah hantunya, dengan atmosfer yang gelap gelapan dan sunyi. Serta tentunya penampakan hantu juga. Scene selanjutnya langsung beralih ke sekolah, dimana anak-anak sedang belajar dan mendiskusikan tentang ujian masuk kuliahnya. Dan disitulah mereka mulai mengusulkan untuk jalan-jalan.

Untuk ukuran film horror, film ini sebenarnya punya atmosfer yang menjanjikan, seperti gelap, sunyi dan mencekam. Saya sendiri udah lumayan optimis melihat atmosfernya seperti ini. Tapi tiba-tiba saya flashback kembali pada jumpscare di awal film yang menurut saya kacangan banget. Entah mungkin niat nya pengen nakutin gituh dengan jumpscare muka setan selayar, kaget iya takut kagak. Sumpah pertama liat jumpscare itu kayak mikir "agar apa loh jumpscare macam gini, kayak ga bisa nakut nakutin lewat yang lain ajah".

Alurnya sendiri sebenarnya cukup bagus, sedikit mengingatkan saya sendirj pada film Gonjiam Haunted Asylum, saat salah satu karakter nya terobsesi sekali dengan live streaming, dan tujuan utama dia untuk memasuki rumah hantu hanyalah demi Live Streamingnya. Dan yang lainnya, karakternya biasa saja. Alurnya sebenarnya gampang ditebak dan saya sendiri sudah tau apa yang bakalan terjadi sama semuanya, tapi saya berharap tidak sama dengan tebakan saya. Eh ternyata harapan  saya pupus.

 Dalam hal menakut-nakuti, sepertinya film ini harus belajar kembali. Entah mengapa saya menunggu sampai film selesai untuk benar-benar ditakuti. Hanya atnosfernya saja yang cukup menakutkan, namun ketika sang hantu muncul semuanya seperti sirna. Kemunculan hantu yang seharusnya cukul 'sakral' buat jadi senjata, malah jadi ampas. Jangan lupa efek CGI hantu yang jelek banget, seperti efek kamera Handphone.

Kembali lagi pada atmosfer yang telah dibangun sedemikian rupa, udah bikin kita duduk dipinggiran kursi nih, nungguin setannya gitu  muncul syantik syantik. Eh malah muncul di depan layar yang bener-bener ga diduga dan gak perlu. Sebenarnya cukup tunjukin hantunya dari jauh ajah tuh udah ngeri, ngapain juga naruh langsung depan layar. Engga sekali doang, film ini kayak kebingungan  buat naruh jumpscare dimana gituh, takut miss. Akhirnya dengan mantap taruh depan layar yang jelas jelas bikin kaget, jangan lupa efek suaranya juga. Note: kaget iya serem kagak.

Entah apa yang ada dipikirin karakter itu, yang lebih mentingin buat ke rumah hantu yang mereka udah tau seseram apa, karena ada pembunuhan di sana. Mereka lebih milih cari mati daripada hepi-hepi di pantai santai gituh. Sumpah ini film yang bikin saya gigit bantal saking gemesnya. Mungkin, kita anggap saja ini klise nya film horror gitu, tapi... Ah sudah lah. Karakter-karakter yang memiliki sifat yang berbeda seharusnya jadi sesuatu yang unik dan menarik, tapi entah mengapa semua karakter disini tidak ada yang bisa 'loveable' dan bikin kita gregetan biar mereka selamat. Saya sendiri udah pesimis mereka bakal selamat. Entah mengapa, satu karakter yang cukup saya sukain dan mungkin dia yang sedikit waras, yaitu Min-Woo

Untuk penataan cahaya cukup bagus, tapi sayang terkadang sangat gelap sampai saya bingung mau liat apa, karena emang gelap. Penataan sound mungkin agak over, terlihat dari setiap jumpscare atau scene ada suara keras yang sebenarnya enggak begitu diperlukan. Alhasil bukannya takut, malah kaget setengah mati. Inget, kaget bukan berarti takut. Cukup banyak plot hole di sini dan sepetinya film ini tidak begitu mementingkan hal itu. Hanya tertuju pada kucing-kucingannya hantu dengan para siswa itu. Entah mengapa cukup banyak pertanyaan untuk film ini.

Sebenernya saya mau misuh misuh lebih lanjut, tapi sepertinya bakalan panjaaang banget. Intinya film ini menurut saya enggak bagus. Enggak seram. Atmosfer mencekam yang sudah dibangun, dihempaskan begitu saja. Penampakan hantu seakan akan dipaksakan, seperti hantunya sendiri bingung mau nakut-nakutin nya gimana. Saya menunggu lama untuk benar-benar ditakuti, tapi ternyata ekspetasi saya tidak sampai. Dan untuk endingnya pengen teriak banget "BEGO!"

Rating
25%

Komentar