Review: The Lodgers (2018)



Aku dapat film ini dari kakak ku sendiri, Sebenarnya belum pernah denger nama film ini, karna mungkin emang enggak terlalu terkenal. Tapi aku lihat dibeberapa web lain, banyak yang bilang kalau film ini cocok ditonton. Dan yah, mau ga mau aku kepo dan nonton film ini karna lumayan menarik jika dilihat dari ceritanya.

Menceritakan tentang pasangan kakak beradik yang kembar, mereka menempati rumah peninggalan orang tuanya yang penuh dengan misteri. Banyak sekali peraturan  yang harus dipatuhi oleh kedua kakak beradik itu. Apabila mereka melanggar, maka ada hukumannya dan konsekuensinya. Akibat peraturan tu, mereka berdua tidak boleh keluyuran sampai melebihi tengah malam, dan bahkan tidak boleh membiarkan orang asing memasuki rumah mereka.

Di awal film ini, aku langsung menilai bahwa film ini akan menjadi horror gothic layaknya Crimson Peak, dengan rumahnya yang besar, gelap, dan model lawas, kesan gothic sangat melekat di film ini. Bahkan Atmosfer darknya pun sudah terasa di awal film, yang mana kesan kemisteriusan pun ikut terangkat. Rasa misterius mengenai rumah itu pun paling kuat, bahkan dengan akting dari Charlotte Vega menambah kesan misteriusnya, dengan karakternya yang pendiam dan kelam, setiap kata yang terlontar dari mulutnya menjadi dingin. Bahkan sang adik yang di perankan oleh Bill Milner mampu mengimbang rasa misterius yang ada.

Film ini memang tidak pure horror, namun gabungan drama horror dan romance. Yang entah mengapa Romance disini agak awkward. Aku sendiri entah mengapa kurang senang dengan pengemasan film ini, meski cukup beberapa momen creepy yang menurut ku sangat tepat menjadi senjata utama, namun sayang malah terasa nanggung. Bahkan aku sendiri cukup ngeri sama beberapa momen, namun rasa creepy itu hanya sebentar saja dan yah tentunya aku ngerasa kecewa sih. Padahal sudah ada momen creepy yang cukup kuat untuk film ini, dan rasa misterius tentang rumahnya, namun pengembangan soal atmosfer dan misterinya masih kurang.

Untuk alur sebenarnya sudah bagus dan cukup menarik sayangnya ada beberapa hal yang cukup janggal. Saat misteri tentang keluarganya masih tertutup dalam misteri dan tanda tanya besar, Kita disuguhkan cerita 'apa sih yang terjadi di rumah' secara tanggung dan itu entah mengapa membuat aku sedikit kesal. Entah sang sutradara bingung apakah film ini akan dibuka rahasia tentang sang rumah perlahan, lahan atau tetap menjadi sebuah misteri dengan tanda tanya besar sampai akhir film. Namun disamping minus yang cukup besar itu, film ini di balut dengan visualisasi yang indah.

Overall, mungkin bagi orang yang cukup menyukai misteri bakalan menyukai film ini dan para pecinta classic ghost story pun akan menyukainya. 

Rating
48%

Komentar