Review: Rumah Dara (2009)




Jaman-jaman waktu itu admin lagi mikir-mikir nya tentang perfilm-an horror di indonesia. Meski dulu umur admin yang terbilang masih kecil dann bau kencur, admin sudah menyenangi film horor dari film horor indonesia yang aneh-aneh dengan plot-plot dan tante tante semok yang numpang lewat atau mangkal di film indonesia.
Dan bahkan akting bukaanlah totalitas dari segala nya, om-om produser pun lebih milih tnte-tante yang rambutnya merah kebakar dan cantik cantik dengan dada balon dan paha ayam. Tapi tiba-tiba ajah film ini muncul dengan brutalnya orang-orang pada ngomongin film ini. Dan admin ngajakin ortu admin buat nongton (baca nonton) tapi di tolak mentah-mentah. Dan ok lah admin beli kaset bajakannya dan nonton. Dan kali ini admin bakalan me-review film ini. hahaha (tawa jahat keluar).


Adjie dan Astrid, pasangan suami istri yang akan diberkati kehadiran anak pertama, pergi bersama 3 temannya ke Bandung pada suatu malam. Perjalanan ini merupakan usaha terakhir Adjie untuk berpamitan dengan adiknya, Ladya. Kedua kakak-beradik ini sudah tak akur lagi, dan besok Adjie harus berangkat ke Australia untuk memulai hidup baru
Pertemuan mereka tidak berjalan mulus pada mulanya. Ladya yang seorang pemberontak menyalahkan Adjie atas tragedi di masa lalu. Tetapi atas bujukan Astrid, Ladya mengalah dan dengan sungkan ikut mengantar ke bandara
Perjalanan terhenti ketika seorang perempuan cantik menghampiri mereka dengan cemas dan linglung. akhirnya mereka pun mengantar kan gadis tersebut pulang. Namun niat baik mereka pun menjadi sebuah malapetaka.

Awalnya memang admin jujur agak kaget, waduh nih indonesia munculin film slasher. Admin ngasih ekspetasi tinggi soalnya banyak review positif tentang film ini. Waktu jaman itu emang admin masih unyu-unyu banget sehingga admin dilarang keras nonton film ini dibioskop, padahal diem-diem admin mah udah sering nonton film slasher atau gore. Dan akhirnya admin nonton ulang film ini

Film ini memang mengambil tema ala-ala Texas Chainsaw Massacre yang lawas, memang bagus admin acungi jempol, dan memang admin agak kaget karna kok bisa sih film ini begitu wahnya kek gini. ternyata om-om The mo Brothers sudah pernah bikin film yang 'berani' di Abc's of death, dan ternyata ini juga ada film pendeknya juga yang sama berjudul Dara. Film ini juga lumayan bisa ngasih ide-ide untuk semua sutradara buat memacu film horor meski tak semua nya sempurna.

AKting di film ini enggak usah ditanya meski enggak semuanya bagus tapi enggak bikin film ini nge down sejagat raya deh... masih asik di tonton karna pada umumnya semua aktornya dan aktris aktingnya enggak bisa di remehin. Dan makasih buat mbak Shareefa Daanish yang udah bikin mbak dara bikin nyeremin layaknya alm. Susana, jujur admin masih takut dengan cara bicara dan tatapan sedingin es nya Mbak Dara. Semua victim di film ini juga mampu ngasih perasaan takut dan tegang yang mereka rasakan ke para penontonnya.

Jangan tanya tentang adegan Gorenya yang aduhai, film ini dengan sangat indahnya ngasih cipratan darah dimana-mana dengan senjata tajam dimana-mana juga, mungkin tuh senjata bekas obralan jadi banyak banget. The MO Brothers juga sangat apik buat menata adegan gore yang cocok dan ketegangan yang ditaruh di pojokan dengan asiknya.  Adegan lari-lari yang bikin jantung kita serasa berlari ratusan kilometer (Lebay minnn) juga bikin admin nontonnya tambah keenakan haha.
Mbak Julie Estele juga sangat apik memerani perannya itu, dengan menjadi wanita yang gagah melawan dara memang mbak julie estele cocok dan keren juga, tidak dipungkiri juga perannya sebagai Hammer Girl di The raid Berandal sangat apik. pokonya para aktor dan aktris ini bukan lah tante tante semok asal-asalan di film film horor lain deh.

Dari  segi positif film pastinya ada dong segi negatifnya. Ada Plothole yang janggal di beberapa sudut, dan mungkin 'peraturan' di film slasher yang enggk boleh lepas, yaitu peraturan nomor pertama, Sang antagonist itu sudah di jampi ama mbah dukun biar kebal terhadap segalanya dan gak mati-mati.

Overalll Rumah dara adalah film horor Slasher garapan The Mo Brothers yang suskses meski tidak sempurna , namun masih bisa memberikan kesenangan sendiri untuk para pecinta film Slasher.

The Ranting is


75%

Komentar